Posted by
ridwan stincco
In:
strategi pasar honda
Strategi Produk honda
Di dalam kondisi persaingan, sangatlah berbahaya bagi suatu
perusahaan bila hanya mengandalkan produk yang ada tanpa usaha tertentu untuk
pengembanganya. Oleh karena itu, setiap perusahaan di dalam mempertahankan dan
meningkatkan penjualan share pasarnya, perlu mengadakan usaha penyempurnaan dan
perubahan produk yang dihasilkan ke arah yang lebih baik, sehingga dapat
memberikan dayaguna dan daya pemuas srta daya tarik yang lebih besar. Strategi
produk dalam hal ini adalah menetapkan cara dan penyediaan produk yang tepat
bagi pasar yang dituju, sehingga dapat memuaskan para konsumennya dan sekaligus
dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang, melalui
peningkatan share pasar.
Aplikasinya :
Era
globalisasi yang semakin modern merupakan faktor yang sangat berpengaruh
terhadap perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang produksi otomotif.
Perusahaan bersaing dalam memasarkan produk-produknya, berbagai strategi
diterapkan guna mencapai penjualan yang diharapkan. Dalam kasus ini Honda
corporate menerapkan strategi pemasaran dengan membangun dan memperluas
pabrik-pabriknya untuk mengembangkan perusahaannya. Langkah yang dilakukan oleh
Honda corporate selain untuk meningkatkan perkembangan perusahaan, tetapi juga
untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang tersebar di berbagai negara. Seperti
halnya teori hirarki kebutuhan maslow yang menyebutkan beberapa kebutuhan
manusia seperti digambarkan dibawah ini Honda corporate memenuhi kebutuhan
manusia akan produk-produk otomotif.
Karena
Honda corporate merupakan perusahaan yang terkenal akan produk-produknya,
proses promosi sangat mudah dan gampang. Hal ini sangatlah menguntungkan bagi
Honda corporate.
B.
perbandingannya dengan yamaha
Memasuki bulan Mei 2011 beberapa produsen motor
terus melakukan serangan besar-besaran. Motor baru dengan berbagai konsep, nama
dan warna dihadirkan untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Menghadapi
persaingan yang cukup ketat, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) terlihat
tenang menghadapi kompetisi kendaraan roda dua yang cukup sengit. Menurut
Presiden Direktur PT YMKI, Dyonisius Beti memaparkan, strategi dalam melakukan
pemasaran setiap produsen berbeda-beda. Apalagi persaingan terbuka antar
produsen belakangan menggeliat pada tahun ini. "Kami tidak memikirkan
‘tetangga’! yang kami pikirkan sekarang adalah membesarkan ‘rumah’ yang sudah
dibangun bersama-sama. Selain itu, strategi marketing setiap pabrikan selalu
berbeda-beda. Untuk meluncurkan motor baru, jujur belum ada rencana
tersebut," tegas Dyon, singkat, disela-sela jumpa pers Funtastic Yamaha
di GOR Bekasi, Sabtu (07/05). Ditambahkannya, motor-motor keluaran Yamaha tidak
kalah dengan kompetitor. Pasalnya, selain desain baru, teknologi mesin yang
dibenamkan pabrikan berlogo garpu tala ini adalah yang terbaik, bahkan untuk di
Jepang sekalipun. "Teknologi Fuel Injection (FI) yang dibenamkan di
Yamaha Vixion adalah yang terbaru dan terbaik dikelasnya. Selain itu, Xeon dan
Jupiter MX yang menjadi andalan Yamaha juga mengaplikasikan mesin baru yang
sangat canggih," imbuhnya.
Sikap rendah hati yang ditunjukan Yamaha karena
selama ini pihak PT YMKI lebih fokus pada kualitas, bukan kuantitas (jumlah
penjualan, red). Menurutnya, selama ini kekuatan teknologi motor Yamaha tidak
usah diragukan lagi. Sejauh ini konsumen merasa puas akan kehandalan mesin yang
dibenamkan, seperti Forged Piston, Dyacil Cylinder pada Vixion, Jupiter
MX dan Xeon. Bahkan Yamaha memberikan jaminan garansi mesin selama lima tahun.
Tidak seperti produsen lain yang lebih membidik jumlah penjualan, sementara kualitas
motor dinomorduakan. "Yamaha bisa diartikan dengan kehandalan dan
ketahanan mesin, bahkan sampai lima tahun. Selain itu, jika produk motor baru
sering dirilis, maka harga motor bekas akan anjlok drastis. Yamaha terus
konsentrasi ke kualitas dan kepuasan pelanggan, karena itu merupakan kunci
utamanya," tutupnya.
This entry was posted on 05.51
You can follow any responses to this entry through
the RSS 2.0 feed.
You can leave a response,
or trackback from your own site.
Posted on
-
0 Comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)











0 komentar:
Posting Komentar