Strategi Produk honda
Di dalam kondisi persaingan, sangatlah berbahaya bagi suatu perusahaan bila hanya mengandalkan produk yang ada tanpa usaha tertentu untuk pengembanganya. Oleh karena itu, setiap perusahaan di dalam mempertahankan dan meningkatkan penjualan share pasarnya, perlu mengadakan usaha penyempurnaan dan perubahan produk yang dihasilkan ke arah yang lebih baik, sehingga dapat memberikan dayaguna dan daya pemuas srta daya tarik yang lebih besar. Strategi produk dalam hal ini adalah menetapkan cara dan penyediaan produk yang tepat bagi pasar yang dituju, sehingga dapat memuaskan para konsumennya dan sekaligus dapat meningkatkan keuntungan perusahaan dalam jangka panjang, melalui peningkatan share pasar.

Aplikasinya :
Era globalisasi yang semakin modern merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang produksi otomotif. Perusahaan bersaing dalam memasarkan produk-produknya, berbagai strategi diterapkan guna mencapai penjualan yang diharapkan. Dalam kasus ini Honda corporate menerapkan strategi pemasaran dengan membangun dan memperluas pabrik-pabriknya untuk mengembangkan perusahaannya. Langkah yang dilakukan oleh Honda corporate selain untuk meningkatkan perkembangan perusahaan, tetapi juga untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang tersebar di berbagai negara. Seperti halnya teori hirarki kebutuhan maslow yang menyebutkan beberapa kebutuhan manusia seperti digambarkan dibawah ini Honda corporate memenuhi kebutuhan manusia akan produk-produk otomotif.
Karena Honda corporate merupakan perusahaan yang terkenal akan produk-produknya, proses promosi sangat mudah dan gampang. Hal ini sangatlah menguntungkan bagi Honda corporate.
B.     perbandingannya dengan yamaha
Memasuki bulan Mei 2011 beberapa produsen motor terus melakukan serangan besar-besaran. Motor baru dengan berbagai konsep, nama dan warna dihadirkan untuk menjaring konsumen sebanyak-banyaknya. Menghadapi persaingan yang cukup ketat, PT Yamaha Motor Kencana Indonesia (YMKI) terlihat tenang menghadapi kompetisi kendaraan roda dua yang cukup sengit. Menurut Presiden Direktur PT YMKI, Dyonisius Beti memaparkan, strategi dalam melakukan pemasaran setiap produsen berbeda-beda. Apalagi persaingan terbuka antar produsen belakangan menggeliat pada tahun ini. "Kami tidak memikirkan ‘tetangga’! yang kami pikirkan sekarang adalah membesarkan ‘rumah’ yang sudah dibangun bersama-sama. Selain itu, strategi marketing setiap pabrikan selalu berbeda-beda. Untuk meluncurkan motor baru, jujur belum ada rencana tersebut," tegas Dyon, singkat, disela-sela jumpa pers Funtastic Yamaha di GOR Bekasi, Sabtu (07/05). Ditambahkannya, motor-motor keluaran Yamaha tidak kalah dengan kompetitor. Pasalnya, selain desain baru, teknologi mesin yang dibenamkan pabrikan berlogo garpu tala ini adalah yang terbaik, bahkan untuk di Jepang sekalipun. "Teknologi Fuel Injection (FI) yang dibenamkan di Yamaha Vixion adalah yang terbaru dan terbaik dikelasnya. Selain itu, Xeon dan Jupiter MX yang menjadi andalan Yamaha juga mengaplikasikan mesin baru yang sangat canggih," imbuhnya.
Sikap rendah hati yang ditunjukan Yamaha karena selama ini pihak PT YMKI lebih fokus pada kualitas, bukan kuantitas (jumlah penjualan, red). Menurutnya, selama ini kekuatan teknologi motor Yamaha tidak usah diragukan lagi. Sejauh ini konsumen merasa puas akan kehandalan mesin yang dibenamkan, seperti Forged Piston, Dyacil Cylinder pada Vixion, Jupiter MX dan Xeon. Bahkan Yamaha memberikan jaminan garansi mesin selama lima tahun. Tidak seperti produsen lain yang lebih membidik jumlah penjualan, sementara kualitas motor dinomorduakan. "Yamaha bisa diartikan dengan kehandalan dan ketahanan mesin, bahkan sampai lima tahun. Selain itu, jika produk motor baru sering dirilis, maka harga motor bekas akan anjlok drastis. Yamaha terus konsentrasi ke kualitas dan kepuasan pelanggan, karena itu merupakan kunci utamanya," tutupnya.