Posted by
ridwan stincco
In:
aspek pasar....???
ASPEK
PASAR DAN PEMASARAn
Pengertian pasar dan pemasaran
Pasar
menurut para ahli, merupakan tempat pertemuan antara penjual dan pembeli, atau
saling bertemunya antara kekuatan permintaan dan penawaran untuk membentuk
suatu harga.
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau non profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah:
1. Pemasar
Pemasar adalah organisasi perusahaan atau peroranagn yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya. Pemasar merupakan :
a. Produsen (umumnya berorentasi terhadap keuntungan)
b. Organisasi ( belum tentu orientasi terhadap keuntungan)
c. Pemerintah ( berorientasi terhadap kesejahteraan umum)
2. Barang dan jasa
Apapun bentuk sesuatu yang di tawarkan produsen untuk pemenuhan dan keinginan konsumen.
3. Pasar
Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap suatu barang atau jasa.
4. Proses pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing- masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing.
Pemasaran adalah kegiatan pemasar untuk menjalankan bisnis (profit atau non profit) guna memenuhi kebutuhan pasar dengan barang dan atau jasa, menetapkan harga, mendistribusikan, serta mempromosikannya melalui pertukaran agar memuaskan konsumen dan mencapai tujuan perusahaan.
Unsur pokok dalam kegiatan pemasaran adalah:
1. Pemasar
Pemasar adalah organisasi perusahaan atau peroranagn yang mempunyai tujuan tertentu bagi organisasi maupun pribadinya. Pemasar merupakan :
a. Produsen (umumnya berorentasi terhadap keuntungan)
b. Organisasi ( belum tentu orientasi terhadap keuntungan)
c. Pemerintah ( berorientasi terhadap kesejahteraan umum)
2. Barang dan jasa
Apapun bentuk sesuatu yang di tawarkan produsen untuk pemenuhan dan keinginan konsumen.
3. Pasar
Pasar adalah konsumen pribadi atau organisasi perusahaan yang mempunyai kebutuhan dan keinginan yang berwujud sebagai permintaan terhadap suatu barang atau jasa.
4. Proses pertukaran
Pertukaran adalah kegiatan dua pihak yang masing- masing memerlukan sesuatu milik pihak yang lain sebagai usaha untuk pemenuhan kebutuhan dan keinginan masing-masing.
Karakteristik Aspek Pasar
a. Permintaan, baik secara total maupun diperinci menurut daerah, jenis konsumen.
b. Penawaran, diartikan sebagai berbagai kuantitas barang yang ditawarkan dipasar pada berbagai tingkat harga.
c. Harga, dilakukan perbandingan dengan barang-barang import dalam negeri lainnya.
d. Program pemasaran, mencakup strategi yang digunakan untuk mencapai market share yang telah ditetapkan dan untuk keperluan ini perlu diperhatikan kedudukan produk, dan segmen pasar yang direncanakan.
e. Perkiraan penjualan yang akan dicapai perusahaan, market share yang bisa dikuasai perusahaan.
Konsep Pokok dalam Aspek Pasar
Pendekatan yang dilakukan perusahaan dalam memasarkan produk:
• Masa lalu: selling concept
• Saat ini: integrated marketing concept.
Karakteristik pokok aspek pasar di negara sedang berkembang (termasuk indonesia):
1. Permintaan nasional untuk produk atau jasa tidak terlalu besar
2. Perbedaan yang jelas segmen pasar yang ada (dasar geografis, status sosial, dll)
3. Produk yang dibuat adalah produk pengganti produk impor
4. Campur tangan pemerintah yang terlalu besar dalam mempengaruhi mekanisme pasar untuk produk tertentu.
Strategi Pemasaran
Berbagai usaha yang perlu dilakukan oleh calon investor dalam mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian hasil produknya. Pertimbangkan:
• Usaha pemasaran ketika pertama kali memasuki pasar dengan usaha pemasaran lanjutan sesuai kedudukan produk dalam persaingan dan kedudukan produk pada siklus usia produk
• Tanggapan yang mungkin terjadi atas program pemasaran yang direncanakan
• Kemungkinan layanan khusus pada konsumen.
This entry was posted on 05.49
You can follow any responses to this entry through
the RSS 2.0 feed.
You can leave a response,
or trackback from your own site.
Posted on
-
0 Comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)











0 komentar:
Posting Komentar